Cryptocurrency dan teknologi blockchain mulai berkembang biak di dunia olahraga – melalui kemitraan dengan tim terbesar di seluruh dunia.
Cryptocurrency dan token digital telah menjadi alat yang kuat untuk berbagai industri selama beberapa tahun terakhir, dan dunia olahraga tidak terkecuali. Penggemar olahraga terkenal bersemangat tentang tim yang mereka dukung, dan ada pasar besar untuk semuanya, mulai dari tiket hingga memorabilia, koleksi, dan konten.
Ketika dunia terus bergerak online, tim dan organisasi olahraga mulai merangkul penggunaan cryptocurrency dan token digital untuk memberikan penggemar akses ke konten dan barang eksklusif menggunakan teknologi baru ini. Langkah menuju penerimaan kripto ini telah terjadi selama beberapa waktu di ruang olahraga. Pada awal 2014, tim NBA Sacramento Kings mulai menerima Bitcoin (BTC) sebagai metode pembayaran untuk tiket dan barang dagangan, dalam langkah yang dianggap sebagai yang pertama di industri olahraga.
Sejak saat itu, sejumlah organisasi telah mulai mengeksplorasi penggunaan token digital. Dalam artikel ini, Cointelegraph melihat pada tim olahraga terbesar dan bagaimana mereka mengadopsi token digital dan cryptocurrency untuk menyediakan penggemar mereka dengan e-commerce terbaru dan keterlibatan pengguna.
Skor sepakbola besar dengan crypto
Sepak bola – atau seperti yang disebut di Amerika Serikat, sepak bola – sejauh ini merupakan olahraga paling populer di Bumi. Menurut audit data audiensi FIFA setelah Piala Dunia 2018 di Rusia, lebih dari 3,5 miliar orang menonton siaran global. Jumlah ini menunjukkan bahwa setengah dari populasi dunia menangkap beberapa aksi selama kompetisi – pemikiran mengejutkan yang memalu rumah popularitas permainan. Mengingat potensi jumlah orang yang dijangkau oleh olahraga, setiap produk atau pengiklan yang terkait dengan merek sepakbola terbesar hampir dijamin untuk mendapat manfaat dari paparan.
Para penggemar memiliki selera yang sangat besar untuk memorabilia, termasuk apa saja mulai dari kaus hingga pakaian yang sudah ditandatangani. Tim sepakbola terbesar memiliki basis penggemar raksasa di seluruh dunia, yang mencari pengalaman yang lebih mendalam untuk mendukung tim mereka. Sejumlah tim terbesar di Eropa telah mengadopsi solusi berbasis blockchain yang memberikan penggemar sejumlah utilitas bertenaga token untuk berinteraksi dengan tim. Juventus, Paris Saint Germaine, West Ham dan Roma semuanya terlibat dalam kemitraan mereka sendiri dengan platform keterlibatan penggemar berbasis blockchain, Socios.
Platform memungkinkan tim-tim ini untuk meluncurkan token penggemar mereka sendiri, yang kemudian dapat digunakan oleh penggemar di platform. Dengan menggunakan token mereka, mereka dapat berpartisipasi dalam memberikan suara pada hal-hal seperti perubahan pada jersey klub sambil juga memiliki akses ke konten eksklusif dan memorabilia. Socios memiliki dua jenis mekanisme pemungutan suara: mengikat dan tidak mengikat. Suara yang mengikat berarti bahwa klub harus melakukan apapun hasil dari suatu pemilihan. Jadi, jika para penggemar memilih perubahan warna jersey mereka, klub harus memenuhi janjinya. Mengingat bahwa suara dilakukan pada platform blockchain berarti mereka tidak dapat dirusak atau dihapus.
Ini adalah kasus penggunaan yang menarik untuk blockchain, dan fakta bahwa klub-klub papan atas ini telah naik ke papan adalah dukungan besar untuk sektor ini. Sistem Socios menggunakan token cryptocurrency Chiliz. Perusahaan baru-baru ini mengumumkan kemitraan baru dengan platform pertukaran cryptocurrency utama Binance. Bagian dari kesepakatan ini dapat melihat Chiliz terdaftar di pertukaran crypto.
Kemitraan ini berbicara banyak untuk potensi blockchain dan penggunaan cryptocurrency dalam olahraga. Seperti yang dikatakan CEO Socios Alex Dreyfus, pemirsa olahraga global diperkirakan sekitar 3,5 miliar orang, menunjukkan berapa banyak orang yang dapat dijangkau melalui sektor ini.
Juga, klub sepak bola Portugal Benfica mulai menerima pembayaran cryptocurrency untuk barang dagangan dan tiket pada Juni 2019, melalui platform cryptocurrency Utrust. Langkah ini terutama didorong untuk memenuhi tuntutan lebih dari 7 juta penggemar di media sosial. Pendukung dapat melakukan pembelian menggunakan token BTC, Ether (ETH) dan Utrust.
Terlepas dari semua kesepakatan dan dukungan ini, sejumlah pemain sepak bola terkemuka, seperti bintang Barcelona Lionel Messi, juga telah mempromosikan berbagai proyek cryptocurrency dan blockchain.
Crypto beriklan di bidang olahraga
Olahraga dan taruhan telah memiliki sejarah panjang, dan yang terakhir secara intrinsik terkait dengan yang pertama. Sifat cryptocurrency telah melihat mereka dimanfaatkan sebagai sarana untuk memfasilitasi perjudian dan taruhan. Keberhasilan perusahaan taruhan telah melihat banyak menjadi sponsor utama tim olahraga di seluruh dunia. Perusahaan taruhan berbasis Cryptocurrency juga telah mengemuka dalam hal ini dengan dua tim sepak bola Liga Utama Inggris yang menerima sponsor.
Pada tahun 2018, kelas berat Prem Arsenal menandatangani kesepakatan iklan dengan perusahaan perjudian berbasis di California, CashBet. Perusahaan ini akan meluncurkan cryptocurrency asalnya, Coin CashBet, pada Januari 2019. Kesepakatan itu akan membuat CashBet Coin diiklankan selama pertandingan kandang Arsenal di Stadion Emirates selama musim Liga Premier. Cointelegraph telah menghubungi Arsenal untuk memverifikasi apakah kemitraan itu berlangsung pada 2019.
Klub Liga Premier lainnya, Wolverhampton Wanderers, memiliki kesepakatan iklan yang berkelanjutan dengan pertukaran cryptocurrency CoinDeal. Logo perusahaan muncul di lengan baju Wolves selama musim 2018-2019 – dan para pihak sekarang telah menyetujui kesepakatan baru untuk musim sepak bola yang akan datang.
Alson pada tahun 2018, eToro membuat gelombang dengan sponsor iklan yang melibatkan tujuh pihak Liga Premier yang dibayar sepenuhnya dengan Bitcoin. Kesepakatan akan melihat branding eToro ditampilkan di papan iklan sisi pitch dan media lainnya. Newcastle, Tottenham Hotspur, Brighton dan Hove Albion, Cardiff, Crystal Palace, Leicester City dan Southampton adalah bagian dari kesepakatan yang dibuat tahun lalu. Kampanye ini juga mencakup peluncuran eToro FC, yang menyediakan materi pendidikan, tutorial, dan berita pasar kepada anggota komunitas.
2019 telah melihat kesepakatan dukungan yang lebih baru antara perusahaan cryptocurrency dan tim olahraga. Di AS, pakaian NBA Cleveland Cavaliers mengumumkan kemitraan baru dengan pertukaran cryptocurrency UnitedCoin yang akan membuat perusahaan diiklankan di stadion tim. Itu juga akan dipromosikan di platform media sosial dari tim klub olahraga, Cavs Legion, dan selama kompetisi online.
Setelah itu, Miami Dolphins bermitra dengan Litecoin (LTC) sebagai cryptocurrency resmi tim NFL. Kesepakatan itu akan melihat Litecoin diiklankan melalui branding di stadion tim. Penggemar lumba-lumba juga akan dapat membeli tiket undian tim menggunakan Litecoin dan Bitcoin, dengan setengah dari hasil tersebut akan disumbangkan untuk amal yang didukung oleh tim.
Koleksi crypto pertama dalam olahraga
Munculnya Ethereum membuka potensi baru dengan cryptocurrency melalui munculnya kontrak pintar. Tidak butuh waktu lama untuk proyek-proyek seperti CryptoKitties meledak dalam popularitas, ketika para pengguna Ethereum berseru untuk mendapatkan koleksi crypto berharga mereka.
Tim Bisbol Liga Utama Los Angeles Dodgers mengambil konsep dan memperkenalkan crypto-giveaway pertama di sebuah acara olahraga pada bulan September 2018. 40.000 penggemar pertama yang memasuki stadion mereka untuk pertandingan melawan Padres menerima token kripto untuk mengunduh bobblehead digital dari tiga pemain mereka. Barang koleksi akan ditambahkan ke dompet Ethereum pengguna. Ini menggaruk permukaan koleksi tetapi memberikan kasus penggunaan yang menarik tentang bagaimana platform blockchain seperti Ethereum dapat digunakan untuk memberikan penggemar olahraga koleksi dan konten digital eksklusif lainnya.
Sekilas hal-hal yang akan datang?
Tidak dapat disangkal pengaruh dan jangkauan yang dimiliki olahraga di seluruh dunia. Jumlah pemirsa untuk olahraga paling populer adalah ratusan juta dan ini memiliki potensi besar bagi pengiklan potensial. Mengingat bahwa teknologi cryptocurrency dan blockchain hanya ada selama lebih dari satu dekade, proliferasi mereka ke sektor ini sangat mengesankan.
Kemitraan dengan tim-tim terbesar di sepakbola Eropa – serta membobol audiens Amerika untuk bola basket dan sepak bola Amerika – tidak dapat diremehkan, dan iklan saja terikat untuk memperkenalkan pengguna baru ke dunia cryptocurrency dan blockchain.
Sangat mudah untuk membayangkan bahwa keterlibatan dan penjualan penggemar online akan didorong oleh platform tokenized di masa depan, dan tim yang sudah menjelajahi jalan ini bisa memiliki keuntungan besar dibandingkan yang belum, hingga saat ini. Olahraga selalu menyatukan orang dan memengaruhi kehidupan banyak orang – dan kampanye serta alat yang tepat pasti akan berhasil ketika bermitra dengan platform yang tepat.